11 Aplikasi Terbaik Mirip Photoshop ( Alternatif )

Adobe telah lama menjadi perusahaan ternama dalam bidang desain, dengan aplikasi desain jagoannya Yaitu Photoshop, Illustrator dan aplikasi lainya, hal itu menjadikan hal mutlak bagi seorang deisgn grafis untuk memiliki aplikasi tersebut.

Tapi kerumitan fitur dan tools aplikasi tersebut menjadikan hal yang susah di mengerti bagi sebagian orang, dan bukan hanya itu harga aplikasi yang cukup mahal menjadikan beban bagi sebagian orang.

Tapi bagaimana jika kita ingin membuat sebuah design atau editing foto tanpa Kedua aplikasi tersebut.?

Dalam posting ini, kita akan melihat beberapa alternatif gratis dan premium yang populer untuk Adobe Photoshop dan Illustrator. 


01. Affinity Photo


Affinity Photo dikenal sebagai salah satu perangkat lunak pengedit foto yang paling tepat, tercepat dan profesional untuk Mac. berfokus pada peningkatan alur kerja, dan menawarkan berbagai alat untuk mengedit, dan memperbaiki gambar dalam antarmuka yang sangat mudah..
Affinity Photo juga menggunakan antarmuka OS X default untuk mengimpor gambar dari perangkat eksternal yang terhubung.

Fitur Utama

  • Pengeditan RAW yang sangat mudah
  • Dibekali beberapa format warna seperti RGB, CMYK, LAB, GRAYSCALE 
  • Kompatibilitas file tidak tertandingi
  • Preview yang selalu tersedia
  • Filter - filter untuk photography sepetrti lighting, clarity, spotlight, dll.
  • Koreksi lensa tingkat lanjut
  • Berbagai alat seperti  stain, crop, burn, paint brush, dan banyak lagi.
Jika Anda ingin mengedit foto atau memperbaiki gambar, maka Affinity Photo adalah pilihan yang sangat baik.

02. Affinity Designer


Affinity Designer adalah aplikasi desain grafis modern untuk Mac ( Meski dikabarkan akan tersedia untuk perangkat windows). Ini adalah program ilustrator vektor yang sangat akura, cepat dan nyaman di tangan para profesional kreatif. 
Affinity Designer memiliki fitur gradien dan alat transparansi khusus. Ini memungkinkan Anda untuk menerapkan beberapa gradien dalam beberapa menit tanpa perlu membuka kotak dialog apa pun.
Fitur Utama
  • Anda mendapatkan banyak kepribadian:
    • Draw persona: Di sinilah semua alat vektor terletak untuk membuat sebuah desain.
    • Pixel persona: Ini adalah tempat Anda mendapatkan pratinjau piksel penuh dan Anda dapat mengedit gambar menggunakan alat yang tidak terbatas, yang memungkinkan Anda untuk memotong / crop pada gambar tertentu
  • Berbagai bentuk preset, seperti torn, heart, pie, donut, star, arrow, dan banyak lagi.
  • Kemampuan zoom yang luar biasa
  • Pratinjau efek secara langsung
  • Live Vector Mask

03. GIMP


GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster.

GIMP berjalan pada desktop GNOME dan dirilis dengan lisensi GNU General Public License.
GIMP pada awalnya dikembangkan untuk desktop X11 yang berjalan di platform Unix.
Namun saat ini peranti lunak ini sudah diporting ke beberapa platform sistem operasi yang lain yaitu MS Windows dan Mac OS.

Grafik yang dihasilkan oleh GIMP disimpan dengan format XCF dan bisa diekspor ke berbagai format gambar seperti bmp, jpg, gif, pdf, png, svg, tiff, dan masih banyak lagi yang lainnya.

GIMP menyediakan banyak sekali plugin yang memudahkan dalam mengolah gambar (image) dengan cepat.

Pengembang dan pengelola GIMP memiliki visi produk GIMP untuk berusaha menjadi perangkat lunak grafis kelas atas dalam menyunting dan menciptakan gambar asli, foto, ikon, elemen grafis halaman web, dan seni untuk elemen antarmuka pengguna

Fitur Utama

  • Sebagai program untuk mewarnai
  • Program penyunting foto berkualitas
  • GIMP menyediakan fitur manajemen warna terbaik untuk memastikan reproduksi warna dengan hasil cetak 1 banding 1
  • GIMP menyediakan ekstensibilitas melalui integrasi dengan banyak bahasa pemrograman termasuk Schema.org, Python, Perl dan banyak lagi.

04. Inkscape


Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas di bawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS.

Inkscape bersifat cross-platform[2] dan dapat dijalankan pada Mac OS X (biasanya di bawah aplikasi X11, walaupun toolkit GTK+ yang digunakan dapat dikompilasikan untuk beroperasi secara langsung di bawah Quartz), sistem operasi berbasis Unix, dan Microsoft Windows. Implementasi SVG dan CSS di Inkscape belum sempurna, misalnya Inkscape tidak mendukung animasi SVG, dan font SVG, walaupun dukungan dasar untuk pembuatan font SVG telah diimplementasikan pada versi 0.47. Inkscape bersifat multibahasa, terutama untuk antarmuka dan script rumit, sesuatu yang sering terlewatkan pada sebagian besar editor grafik vektor komersil.

Hingga 2010, Inkscape dalam proses pengembangan aktif, dengan penambahan fitur dan antarmuka baru secara rutin pada setiap rilis baru.

05. Corel DRAW X8


CorelDraw adalah editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terbarunya, CorelDRAW X8 (setara dengan versi 18) dirilis pada tanggal 15 maret 2016. CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk sistem operasi Windows 2000 dan seterusnya.

Versi CorelDRAW untuk Mac OS pernah dikembangkan, namun dihentikan karena tingkat penjualannya rendah. Versi terakhir untuk Linux adalah Versi 9 (Rilisan tahun 2000, itu pun perlu di jalankan dengan Wine) dan Untuk OSX adalah versi 11 (Rilisan 2001)
Kemajuan yang kuat dalam teknologi Corel membantu Anda membuat dan mempersonalisasikan proyek dengan memberikan hasil ahli dalam waktu singkat. Lewati sketsa dan pemindaian dari kertas, dan langsung ke alat gambar LiveSketch ™ kami yang baru dan luar biasa untuk menangkap ide-ide Anda saat kreativitas muncul. Ini adalah versi segar, harus dimiliki untuk setiap desainer dari pemula hingga pro. Ayo lihat lebih dekat berapa banyak yang telah berubah sejak Anda membeli CorelDRAW X8.

Fitur Utama

  • 4K Compatibility dan Multi-Monitor
  • Kustomisasi cepat
  • Healing Clone Tool
  • Gaussian Blur Feature
  • Alat pengeditan foto dalam Photo-Paint
  • Pertukaran konten bawaan
  • Zoom foto
  • Corel Capture untuk tangkapan layar
  • Pembuat Situs Web Corel untuk membuat halaman web sederhana
  • Aplikasi vektor-ilustrasi dan tata letak halaman

06. Corel Photo-Paint


Corel Photo-Paint adalah editor gambar canggih dengan fitur-fitur seperti retouching foto profesional dan peningkatan, mengedit gambar RAW yang mudah, pembuatan bitmap canggih dan lukisan digital. Aplikasi ini menawarkan alat pengeditan profesional dan dukungan untuk file PSD terbaru, ditambah dukungan file RAW yang banyak untuk lebih dari 300 jenis kamera.
Fitur-fiturnya bagus  terutama Tools Edit Fill tool yang membuatnya mudah untuk digunakan dengan berbagai tekstur. Alat Liquid di Corel Photo-Paint dapat  meningkatkan foto dan desain Anda. Corel Photo-Paint, seperti halnya Photoshop, menawarkan sejumlah besar fitur khusus seperti dukungan multi-monitor, 4K dan dukungan Real-Time Stylus, tur start-up baru, opsi penyesuaian ruang kerja, kotak dialog pengeditan yang disempurnakan, lensa blur dan banyak lagi.

07. Paint Shop Pro

PaintShop Pro ( PSP ) adalah editor grafis raster dan vektor untuk Microsoft Windows . Awalnya diterbitkan oleh Jasc Software . Pada Oktober 2004, Corel membeli Jasc Software dan hak distribusi ke Paint Shop Pro. Fungsionalitas PSP dapat diperpanjang dengan plugin yang kompatibel dengan Photoshop .

Edisi bernomor X telah dijual dalam dua versi: PaintShop Pro, yang merupakan program pengeditan dasar, dan PaintShop Pro Ultimate, yang digabungkan dalam program mandiri lainnya, alat artistik tambahan dan / atau plugin. Program bundel tertentu bervariasi dengan masing-masing versi bernomor dan belum dijual oleh Corel sebagai produk terpisah.

PSP hadir dengan antarmuka untuk mengotomatisasi tugas-tugas dengan skrip yang ditulis dengan Python .

Fitur Utama

  • Wrapping teks
  • Koreksi lensa
  • Pratinjau gradien
  • Opsi alat seleksi
  • Antarmuka yang lebih cepat dan lebih responsif (lebih sedikit memori yang digunakan)
  • Lab kamera RAW

08. Acorn


Acorn adalah editor grafis raster untuk macOS yang dikembangkan oleh August Mueller dari Flying Meat Inc, yang berbasis di Mukilteo, Washington, Amerika Serikat. Acorn pertama kali dirilis pada 10 September 2007  dan dibangun berdasarkan kerangka kerja aplikasi pengeditan gambar sebelumnya dari Flying Meat Inc., FlySketch
Acorn banyak menggunakan kerangka Gambar Inti Apple untuk pemrosesan gambarnya. Format file asli Acorn adalah .acorn. Acorn menggabungkan gambar vektor dengan editing bitmap, dan telah digambarkan sebagai alternatif untuk Photoshop .  Fitur utama Acorn termasuk filter gambar, pemilih warna khusus, desainer kuas, dan alat pengeditan gambar seperti memotong, menghapus, melukis, memilih, menggeser, memperbesar, memindahkan, mengkloning, mencoreng, menghindar, dan membakar.

09. Sketch

Sketch adalah tampilan vektor yang inovatif dan terbaru untuk Mac. Sketch memberi Anda kekuatan, fleksibilitas, dan kecepatan yang selalu Anda inginkan dalam aplikasi yang ringan dan mudah digunakan. dibangun untuk desainer grafis modern, dan ditampilkan di setiap panel aplikasi. Dari alur kerja yang fleksibel dengan dukungan untuk beberapa halaman dan Artboards, fitur canggih seperti Simbol dan Style , Sketch adalah tools yang cocok gunakan ketika Anda ingin bekerja tanpa harus berurusan dengan bloatware.
Sketch memperlihatkan desain minimalis yang sengaja dibuat berdasarkan ruang gambar dengan ukuran tak terbatas, panel, menu, jendela, dan kontrol. Meskipun mudah digunakan, ia menawarkan gambar vektor dan alat teks yang kuat seperti operasi Boolean yang sempurna, simbol, dan penggaris, panduan, dan kisi yang kuat.
Sketch dapat membuat bentuk kompleks menggunakan operasi vektor Boolean dan layer style yang luas.

10. Krita


Krita adalah program / alat sketsa dan lukisan yang dirancang untuk seniman digital, ilustrator, dan seniman tekstur dan industri VFX.
Krita telah berkembang selama lebih dari 10 tahun dan telah mengalami lonjakan pertumbuhan baru-baru ini. dibuat dengan konsep seni, tekstur lukisan serta komik. Krita menawarkan banyak fitur umum dan inovatif untuk membantu para pemula dan profesional.

Fitur Utama

  • Panel dapat dipindahkan dan disesuaikan untuk alur kerja spesifik Anda.
  • Stabilisator brush, yaitu, tambahan stabilisator ke brush  untuk menghaluskan getaran tangan Anda.
  • Palet Pop-Up yang dapat Anda gunakan dengan cepat memilih warna dan brush hanya dengan mengklik kanan pada kanvas.
  • Tools Brush untuk menyesuaikan beush.
  • Tambahan tekstur dengan mode wrap-around.

11. Figma

Figma adalah alat desain antarmuka kolaboratif di mana Anda dapat mendesain, bekerja online, melakukan pengeditan dan dapat bekerja dengan orang lain pada saat yang sama pada desain yang sama. Desain Anda selalu disimpan. Ini dapat bekerja pada sistem operasi apa pun, karena ini adalah alat online..

Artikel Terkait :

11 Aplikasi Terbaik Mirip Photoshop ( Alternatif ) 11  Aplikasi Terbaik Mirip Photoshop ( Alternatif ) Reviewed by LogoPhic on 19 March Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.