11 Microstock Untuk Menjual Hasil Karya Desain, Photo, dan Illustrasi kamu


Microstock  adalah situs untuk menjual atau membeli gambar, vektor atau, foto dan video,  Konsep ini kembali ada sejak 1990-an.

Microstock adalah Toko gambar online yang memungkinkan desainer grafis, fotografer, dan videografer menjual kreasi mereka dengan harga yang jauh lebih rendah daripada Toko gambar tradisional, karena kisaran harga yang beragam.


Pembuat gambar / creator menerima komisi mulai dari 20% hingga 60% dari harga jual, tergantung pada situs dan desain yang di jual.

Berikut adalah daftar 11 Situs Toko Microstock Online yang bisa kamu coba : 


1. Shutterstock 



Format Desain Yang Mereka Terima. 

EPS + JPG dengan nama file yang sama Format 
EPS 8 atau 10 Ukuran file maksimum 15MB 
Pratinjau JPG harus 700 - 900px (tetapi mereka juga menerima lebih besar, maks. 25 MPx)

Di Shutterstock kamu bisa menjual desain dengan harga beragam, di sini kamu tindak hanya bisa menjual Desain vector tapi bisa juga menjual Foto, Video dan Musik.


2. Fotolia




Format Desain Yang Mereka Terima. 

EPS + JPG dikemas dalam satu file ZIP Format EPS 8 atau 10, AI Ukuran file maksimum 2MB (tetapi mereka bisa menerima lebih besar hingga 15 MB)

Tingkatan Royalti di Fotolia sangat tergantung pada jumlah penjualan yang telah anda dapatkan. Ada dua macam keanggotaan pada Fotolia yaitu anggota eksklusif (dengan bayaran yang lebih besar dibandingkan keanggotaan biasa) dan anggota biasa. Untuk anggota biasa dibayar 0.25USD sampai dengan 0.40USD per downloadnya.


3. Dreamstime


Format Desain Yang Mereka Terima.

JPG, EPS Anda harus mengunggah secara manual sebagai format tambahan Format EPS 8 atau 10, AI, CDR Pratinjau JPG harus lebih besar Tidak ada batasan untuk ukuran file

Dreamstime adalah seperti halnya Shutterstock silahkan baca disini (untuk thread Shutterstock), merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan high quality digital images dengan harga yang bisa dibilang murah tapi nggak murahan! tentunya. Disini merupakan tempat yang cocok bagi para fotografer dan desainer baik pemula maupun profesional untuk menjual hasil karyanya secara online.


4. iStockphoto


Format Desain Yang Mereka Terima.

Anda harus mengunggah semua file secara manual 
Format EPS 8 
Pratinjau JPG harus memiliki dimensi setidaknya 1900 × 2800 px 


Istockphoto ini merupakan partner dari getty image , stock photo ini paling terkenal. Royalti yang bisa didapatkan start dari 15%. Istock photo ini lebih banyak stock photonya seperti news dan konsep foto yang menarik dibandingkan stock untuk logo dan vector lainnya.


5. 123RF


Format Desain Yang Mereka Terima

EPS + JPG dengan nama file yang sama 
Format EPS 8 atau 10

Situs 123rf menawarkan dua model pembayaran untuk foto yang Anda upload, yaitu 50% hasil penjualan foto (artinya foto dijual khusus untuk seorang pembeli saja) dan $0.36 per download.
6. BigStockPhoto


Format Desain Yang Mereka Terima

AI, EPS 8 atau 10, PDF, PNG atau PSD 
Anda tidak perlu mengunggah pratinjau JPG, mereka akan membuatnya secara otomatis - jika Anda mengunggahnya, Anda akan memiliki 2 versi (bitmap dan vektor) di portofolio Anda 
Bigstock dapat membaca informasi IPTC dari EPS, bukan dari JPG

Bigstock adalah situs web fotografi microstock internasional bebas royalti online yang menjual gambar melalui sistem berbasis kredit. Foto, vektor, dan ilustrasi


7. Canstockhphoto


Format Desain Yang Mereka Terima

EPS + JPG dikemas dalam satu file ZIP 
Format EPS 8 atau 10 
Stock Photo menggunakan JPG hanya untuk informasi IPTC.

Can Stock Photo adalah penyedia stok foto yang melisensikan gambar, foto, ilustrasi digital, file clip art dan file rekaman bebas royalti bagi para fotografer, ilustrator, dan videografer


8. GL Stock


Format Desain Yang Mereka Terima

EPS + JPG dengan nama file yang sama 
Format EPS 8 atau 10 
Pratinjau JPG harus sebesar mungkin, minimal 3MPx Ilustrasi tidak boleh mengandung teks (mereka hanya menerima gambar dengan latar belakang yang kontras)

GL Stock adalah toko stock gambar digital dan illustrasi, Gl. Stock memulai debutnya sebagai Graphic Leftlovers pada awal 2008 dengan 200 gambar sederhana dan telah berkembang menjadi salah satu koleksi terbaik untuk vektor dan gambar berkualitas tinggi


9. Cre Stock

Format Desain Yang Mereka Terima

Format EPS atau AI yang dikemas dalam file ZIP, 
pratinjau JPG harus memiliki nama yang sama dengan ZIP 
Atau Anda dapat mengunggah EPS dan JPG dengan nama file yang sama 
Ukuran pratinjau JPG harus minimal 350 × 350px, tetapi Anda harus mengunggah kembali sebesar mungkin (jika Anda mengunggah JPG yang lebih besar, maka itu dapat dijual sebagai versi raster), ukuran maksimalnya adalah 18 MPx

Crestock adalah agen stok foto yang hanya menawarkan stok fotografi dan gambar, tanpa opsi lisensi lainnya. Situs web ini awalnya diluncurkan pada tahun 2005 oleh sebuah perusahaan di Norwegia tetapi baru-baru ini diakuisisi oleh perusahaan foto saham Kanada Masterfile pada tahun 2010


10. Depositphotos


Format Desain Yang Mereka Terima

EPS + JPG dikemas dalam satu file ZIP 
Format EPS 8 atau 10, 
AI ukuran pratinjau JPG minimum adalah 3,4 MPx (2400 Ñ… 1600 px)

Depositphotos adalah agen fotografi microstock bebas royalti yang berbasis di Fort Lauderdale, Florida. Perusahaan ini didirikan oleh Dmitry Sergeev pada November 2009 di Kiev, Ukraina. Perusahaan ini juga memiliki kantor di seluruh dunia yang menyediakan pelanggan dengan dukungan dalam 20 bahasa.

11. Stock Fresh




Format Desain Yang Mereka Terima

EPS + JPG dengan nama file yang sama 
Format EPS 8 atau 10 
Pratinjau JPG sebesar mungkin

Stockfresh adalah agen foto stok sederhana dengan tujuan untuk memberikan Anda foto dan ilustrasi vektor terbaik dengan harga yang terjangkau bagi semua orang.




Post a Comment