Mengenal Fungsi Tool Box di CorelDRAW X7, X8 dan Suite 2018

Mempelajari atau mencari tools mana yang berfungsi untuk membantu perkerjaan anda, seperti membuat shape, mentracing, memberikan warna, memberikan effect tertentu dan lain-lain sehingga membuat waktu anda lebih efisien dalam menyelesaikan perkerjaan.

Di bawah ini admin akan memberikan sedikit penjelasan tentang Toolbox pada pada corel draw X7 dan X8, tetapi sebagian besar tool di bawah ini juga tersedia di Corel Draw Versi 6 Ke bawah.

Toolbox

Toolbox merupakan berfungsi menjadi bagian utama berupa Tools / alat untuk membuat, mengisi, dan memodifikasi suatu objek ataupun gambar dalam software CorelDRAW. berikut ini dan icon tool lengkap yang terdapat dalam toolbox:

  • Pick tool 


Pick Tool merupakan tools default yang berfungsi untuk memilih obyek yang digambarkan dengan lambang anak panah. Pada prinsipnya untuk mengaktifkan semua sarana-sarana operasi yang terdapat dalam tampilan CorelDRAW yaitu untuk menunjuk perintah, menunjuk obyek dan mengaktifkannya. Pada versi coreldraw suite 2018 ada fitur tambahan free transform yang berfungsi merubah objek sesuka hati lebih praktis daripada pick tools biasa.

  • Shape tools



Shape Tool memiliki fungsi  untuk melakukan pengeditan secara halus dan terutama untuk obyek kurva dan teks dengan memanipulasi jumlah node pada objek kurva atau text sesuai kebutuhan. Tool lain yang terdapat di bagian ini rata-rata memiliki fungsi yang hampir sama, Anda bisa mencoba satu-persatu untuk melihat fungsinya.

  • Crop Tools



Crop Tool memiliki fungsinya dimana untuk memotong dan menghapus sebuah objek kurva ataupun bitmaps, Eraser, Knife Tools, dan Virtual Segment Delete juga memiliki fungsi yang sama yaitu menghapus objek tertentu hanya saja dengan cara kerja yang berbeda.

  • Zoom Tools



Zoom Tools digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan obyek secara positif dan negatif yang berada pada area bidang kerja page, perbesaran dengan perbandingan 1 : 1 serta perbesaran obyek terpilih dan sebagainya.

  • Freehand Tool



Freehand tool berfungsi sebagai tool untuk pembuatan berbagai model garis, kurva, dan menggambar bebas, dalam tool ini terdapat beberapa tool yang memiliki fungsi sama antara lain : 2-Point Line, Bezier, Artistic Media, Pen, B-Spline, Polyline, 3-Point Curve namun ada penambahan 2 fitur yaiitu live Sketch dan smart drawing pada coreldraw suite 2018 tools ini sangat membantu bagi anda yang mengerjakan desain dengan menggunakan sketching melaluli pen tablet.

Pada intinya freehand tool memiliki fungsi yang sama digunakan untuk membuat garis, Anda tidak perlu menguasai semuanya cukup salah satu saja yang menurut Anda nyaman digunakan. Silahkan coba satu persatu tools nya untuk merasakan tingkat kesulitan penggunaannya.

  • Smart Fill Tool



Smart Fill tool berfungsi untuk digunakan memberikan warna bidang dan warna outline sekaligus dan dapat memberikan efek duplikasi dan grouping pada bidang berbeda-beda dengan warna yang sama dari smart fill tool.

  • Retangle Tools



Retangle Tool ini berfungsi untuk digunakan dalam pembuatan obyek kotak, bujur sangkar, persegi panjang, atau segi empat.

  • Ecllipse Tool


Tool ini digunakan untuk pembuatan obyek lingkaran baik berupa elips/oval, pie atau arc

  • Polygon Tools

Polygon tool ini fungsi utamanya dipakai untuk membuat objek segitiga, segi empat, segi lima dan objek-objek polygon lainnya. Dalam tool ini terdapat pula tool Star, Compleks Star, Graph Paper, Spiral. Dalam versi coreldraw suite 2018 Basic Shapes tool menjadi satu dalam polygon tools ini terlihat berbeda dengan versi coreldraw sebelumnya.

  • Text Tools



Text tool memiliki fungsi untuk membuat teks artistik. Walaupun pada tool ini tidak terdapat flyout, tetapi tool ini mempunyai tool lain yaitu Paragraph Formatting dan Character Formatting pada sub menu text pada Property Bar standard. Dan pada versi coreldraw suite 2018 table tool dijadikan satu dengan di text tools

  • Parallel Dimension Tool



Fungsi dari Paraller Dimension Tool ini adalah untuk menggambar garis paraller yang menunjukan ukuran suatu objek ataupun luasnya.

  • Straigth-Line Connector Tool



Straigth-Line Connector tool ini berfungsi untuk menggambar sebuah garis lurus untuk menghubungkan dua buah objek, tool ini hanya terdapat pada CorelDRAW versi X5 keatas

  • Blend Tools



Blend Tool berfungsi untuk mencampurkan (Blend) dua buah objek dengan memadukan perubahan bentuk objek dan warna yang kompleks antara kedua obejek yang di campurkan.
Dalam Tool ini terdapat beberapa tool lain antara lain :
  1. Contour Tool : digunakan untuk membuat serangkaian bentuk konsentris dari sebuah objek
  2. Distort Tool : digunakan untuk mendistorsi objek dengan menerapkan efek push &l pull, zipper dan efek twister.
  3. Drop Shadow : digunakan untuk membuat bayangan sebuah objek kurva, text, ataupun gambar
  4. Envelope : digunakan untuk mengubah bentuk suatu objek atau text dengan mengubah atau menyeret node dari bentuk aslinya.
  5. Extrude : digunakan untuk membuat efek 3D pada suatu objek, tool ini juga digunakan untuk membuat efek Long Shadow pada Flat Desain.
  6. Block Shadow : digunakan untuk membuat bayangan secara instan pada sebuah objek (Fitur ini ada di coreldraw suite 2018.

  • Transparancy Tools



Transparancy Tool digunakan untuk memberikan efek transparansi di sebuah objek baik kurva, text, ataupun bitmaps. Fitur ini di pisahkan dari bleend tools sejak versi coreldraw suite 2018.

  • Color Eyedropper Tool



Color Eyedropper Tool ini digunakan untuk mengambil sampel atau contoh warna yang berupa prosentase campuran warna dari obyek terpilih dan diterapkan pada obyel lain agar warnanya sama.

  • Interative Fill



Interative Fill Tool untuk membuat gradasi warna pada sebuah objek kurva atau text di CorelDRAW. Mesh fill juga menghasilkan graadsi warna hanya saja penggunaannya lebih komplek, namun jika Anda sudah mahir hasil gradasi yang dihasilkan bisa membuat desain Anda seperti terlihat realistik

  • Color




Tools ini berfungsi untuk mengganti warna pada suatu objek atau dikenal kenal sebagai docker color. Pada versi coreldraw suite 2018 fitur tools ini dipisah dari kelompok fill tool pada versi coreldraw sebelumnya 

  • Edit Color ( Fill Tools)



Pada coreldraw suite 2018  dikenal sebaai edit color Tool jika diversi sebelumnya disebut dengan Fill Tools dimana berfungsi untuk mengatur segala sesuatu tentang fill obyek atau warna dari obyek meliputi pengaturan warna, menghapus fill dan sebagainya.

  • Outline Pen Tool



Outline Pen Tool untuk mengatur segala sesuatu tentang outline atau garis sisi luar obyek meliputi ketebalan, warna, menghapus outline dan sebagainya
Demikian gambaran tentang bagian-bagian fungsi daripada toolbox bar yang berada didalam area bidang kerja (workspace) untuk keterangan dan contoh fungsi detailnya

Source : Corel Draw Pedia

Post a Comment