Download 13 Template Proposal Bisnis

Menurut KBBI, pengertian proposal adalah suatu rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja, perencanaan secara sistematis, matang dan teliti yang dibuah oleh peneliti sebelum melaksanakan penelitian, baik penelitian di lapangan (field research) maupun penelitian di perpustakaan (library research) "Source KBBI"

5 Langkah membuat proposal bisnis 

  1. Pahami Request Terhadap Proposal Karena banyak perusahaan yang membutuhkan barang dan jasa, dan salah satunya mengalamat pada bisnis Anda, maka Andapun mengajukan proposal sebagai tanggapan terhadap permintaan / RFP (Request for Proposal). Misalnya, bisnis yang menerima tuntutan hukum dapat mengirim RFP ke firma hukum yang berbeda yang dapat mewakili mereka.
  2. Identifikasi Tujuan Anda Sebelum memulai proposal yang akan menghighlight keunggulan Anda, baiknya terlebih dahulu memastikan tujuan yang tepat. Hal tersebut penting karena ketika menulis proposal, seringkali terjadi dikotomi antara mempromosikan perusahaan Anda dan memenuhi kebutuhan customer potensial Anda. Dan itu merupakan tantangan besar bagi Anda.
  3. Tulis Pendahuluan Proposal yang paling sukses, harus memiliki pengantar yang jelas dan ringkas. Cobalah untuk menjadi komprehensif dan kuat dalam pengenalan, tanpa perlu menjadi bertele-tele. Jangan tergoda untuk membagikan setiap detail kecil tentang perusahaan Anda dan lini bisnisnya. Simpan sisanya untuk nanti. 
  4. Sertakan Ringkasan Eksekutif Yakinkan klien Anda dengan ringkasan eksekutif yang tersusun rapi dan jelas sebagai jawaban atas pertanyaan penting mereka. Itu adalah cara terbaik bagi Anda untuk membuat klien melihat bahwa Anda memahami kebutuhan mereka dan siap. Penting juga untuk diingat bahwa ini bukan ringkasan keseluruhan proposal Anda. Namun, ini di sini adalah lebih menjadi ke arah nada Anda. 
  5. Tulis Kesimpulan Anda Setelah menulis isi proposal, selesaikan dengan memberikan kesimpulan yang merangkum pemahaman Anda tentang proyek dan tingkat pekerjaan serta biaya yang terlibat. Ini adalah kesempatan terakhir Anda untuk menyampaikan kasus Anda yang benar-benar meyakinkan mereka bahwa mereka membutuhkan Anda, jadi buatlah kesimpulan Anda diperhitungkan mereka. 11 Template Proposal Bisnis

01. Small Business Proposal Template


02. Marketing Business Proposal Template


03. IT Business Proposal Template


04. Business Partnership Proposal Template


05. Professional Business Proposal Template


06. Business Proposal Template


07. Business Proposal for Investors Template


08. Free Consulting Business Proposal Template


09. Free Advertising Business Proposal Template


10. Writing Business Proposals


11. Business Investment Proposal Sample

12. Design Proposal Template


12. Event Proposal Template





Post a Comment