5 Software Editing Alternatif Photoshop Gratis Terbaik

Photoshop adalah software editing yang sangat populer dan banyak digunakan oleh para desainer profesional, software editing yang kaya akan tools dan plugin yang menakjubkan, membuat pamor photoshop menjadi salah satu aplikasi terbaik dalam hal editing dan manipulasi.

Sayangnya banyak kendala bagi para user pengguna aplikasi ini mulai dari Spek komputer yang tidak mendukung, atau bahkan harga Langganan Creative Cloud yang lumayan mahal.

Di bawah ini adalah beberapa aplikasi alternatif Photoshop, Bagi pemula atau sebagai software editing utama yang bisa kalian coba :

1. GIMP


Gimp adalah software editing dan manipulasi gratis paling terkenal, software ini adalah alternatif photoshop yang dapat melakukan pekerjaan dan kaya akan fitur bagi para photographer layaknya photoshop, tetapi tetap saja software ini mempunyai beberapa kelemahan seperti Brush yang telah di set sebelumnya,tidak ada filter RAW, Tool Teks yang aga aneh, dan UI Rumit


2. KRITA


Krita adalah software alternatif photoshop lainnya yang sangat populer, bahkan software ini adalah salah satu software yang paling di rekomendasikan oleh beberapa photographer profesional di beberapa forum photography. anda bisa lihat sebdiri bagaimana wujud interface aplikasi ini.? tentu hampir mirip seperti photoshop bahkan dari sebagian tool nya adalah tool seperti di photoshop.

Keunggulan software ini adalah Mendukung alat mengambar seperti Pen Tab / Tablet menggambar, Efek yang sangat banyak. dan untuk kelemahannya adalah tidak ada Tab riwayat, Kadang - kadang Lag, dan tidak ada Filter Raw seperti GIMP

3. Paint.NET


Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi menggambar PAINT, Aplikasi bawaan Microsoft yang kini disempurnakan menjadi Paint.NET sebagai aplikasi editor profesional, meskipun tidak se level dengan photoshop.

setidaknya Paint.NET adalah aplikasi apternatif yang bisa kalian coba sebagai pemula, tentu aplikasi ini akan kompatibel dengan semua OS Windows Terbaru.

Paint.NET kini hadir dengan fitur Layer dan Blending Mode, dan Tool legendaris dari PAINT, dan kelemahan dari software ini adalah UI yang ketinggalan jaman, tidak ada filter RAW.


4. Pixlr Editor


Piklr Editor adalah software editing berbasis browser, jangan salah software ini adalah software yang tidak kalah jauh seperti software alternarif lainnya.

software ini dibuat oleh perusahaan terkemuka dalam dunia desain grafis AutoDesk, software yang kaya akan tools seperti blur, sharpen, noise, levels, dan curves. ada juga tool seperti di software GIMP sepert stamp tools, healing, brushes, fills, dan lain - lain.

Tidak hanya itu aplikasi ini support di berbagai Platform karena basis nya Browser. Pixlr ini mempunyai banyak variasi seperti : Pixlr X, Pixlr Pro, Pixlr Express


Tampilan Pixlr X

5. Photos Pos Pro


Photos Pos Pro adalah software alternatif photoshop terbaik saat ini, yang sangat banyak di rekomendasikan oleh para desainer profesional, software ini mempunyai tool yang sangat menakjubkan hampir mirip dengan software photoshop, di lengkapi dengan Layer dan Layer Mask, Healing, dan clone brush, bahkan software ini dilengkapi opsi skrip untuk mempercepat pekerjaan anda.

Tidak sampai disitu software ini juga dilengkapi dengan Plugin dan filter yang bisa kalian unduh di internet, atau membuat filter sendiri dan di simpan sebagai custom filter.

Well, hanya itu yag bisa saya bagikan denga sobat idngrafis, sampai jumpa di waktu mendatang,^_^

Post a Comment