Affinity Designer Sang Penantang Baru Corel Draw dan Illustrator


Affinity Designer Sang Penantang Baru Corel Draw dan Illustrator, pasti sobat sekalian sudah tau ya aplikasi Pengolah Grafis Vektor Corel DRAW dan Adobe Illustrator, karena kebanyakan orang saat di tanya " Apasih aplikasi untuk membuat vektor paling bagus.?" Mereka bilang Corel DRAW dan Illustrator.

Pada Tahun 2014 Silam Sebuah Perusahaan Serif Europe, sang pengembang aplikasi DrawPlus Kini telah berfokus mengembangkan aplikasi bernama Affinity Designer dan menghentikan aplikasi DrawPlus.

Pada awal muncul nya aplikasi ini hanya tersedia untuk Peragkat MacOS, tetapi sekarang tersedia juga untuk perangkat windows release  pada tahun 2016.

Aplikasi ini support dengan banyak format gambar dan vektor diantaranya EPS JPEG JPG PDF SVG PSD PNG TIFF GIF dan support Layer Dari Photoshop, Ibaratkan sobat membuat desain di photoshop dengan Layer yang sudah di atur rapih, saat di import ke Affiity layer tersebut akan muncul di affinity sebagaimana di photoshop, Keren bukan! dimana hal tersebut tidak ada di Corel Draw dan Illustrator.

Affinity Designer banyak yang bilang kalau aplikasi ini adalah Alternarif Illustrator, kenapa disebut demikian.?

Kita Lihat dari tampak Interface kedua aplikasi ini.



Tidak hanya sampai disitu, Affiity Designer pun mempunya anggota designer lainnya sebagai mana Persusahaan Adobe, jika di adobe Mempunya Photoshop maka Serif Mempunyai Affinity Photo, dan jika Adobe mempunyai Indesign maka Serif mempunyai Affinity Publisher, tentu jika dari segi Tool dan performa mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Jika sobat adalah pemula di dunia desain grafis, Affinity Designer mempunya beberapa interface yang User Friendly, antarmuka yang bisa sobat ubah sesuai selera.


Draw Persona
Adalah Persona yang harus Anda gunakan ketika Anda ingin menggambar / mendesain dengan alat vektor (Pen Tool, Shape Tools dll) untuk membuat ilustrasi vektor, logo, elemen desain web / web dll.

Pixel Persona
Adalah tab sebagaimana sobat membuat design di aplikasi photoshop, berbeda dengan Draw Persona, Pixel Persona sangat terbatas dalam ukuran, jika sobat membuat dasain di tab ini, dan merubah ukuran gambar ke ukuran lebih besar, tentu gambar akan rusak dan pecah.

Export Persona
Digunakan untuk melakukan export dan publish desain yang telha sobat buat di kedua tab di atas, atau bisa juga sebagai converter format seperti dari EPS ke PDF.


Dari segi tool Affinity Designer tidak kalah jauh dengan Illustrator, yang paling unik adalah Stroke Stabiliser, dimana tools ini berfungsi untuk meredam getaran pada Mouse saat membuat Line.


Spesifikasi Yang dibutuhkan Oleh Affinity Designer

OS X/macOS System Requirements
  • Hardware : Mac Pro, iMac, MacBook, MacBook Pro, MacBook Air, Mac Mini
  • Processor : Intel 64-bit Core 2 Duo or better (from 2007)
  • Memory : 2GB RAM minimum
  • OS X : Mac OS X 10.7.5, 10.8, 10.9, 10.10, and 10.11
  • macOS : 10.12 Sierra
  • Hard Disk : 890MB of available space; more during installation
  • Display : 1280x768 display size or better, Supports regular, retina, and expanded gamut DCI-P3 displays
Windows System Requirements
  • Hardware : Windows-based PC with mouse or equivalent input device. DirectX 10-compatible Graphics Cards and above.
  • Memory : 2GB RAM (4GB RAM recommended)
  • Hard Disk : 624MB of available space; more during installation
  • Operating systems (64 bit) : Windows® 10, Windows® 8.x, Windows® 7 (Service Pack 1; Aero enabled)
  • Display : 1280x768 display size or better

Artikel Terkait :

Affinity Designer Sang Penantang Baru Corel Draw dan Illustrator Affinity Designer Sang Penantang Baru Corel Draw dan Illustrator Reviewed by IDNGRAFIS on 09 November Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.