Apa Itu Fungsi Tools Weld, Trim, Simplify, Intersect, dsb?

Apa itu Fungsi tools  weld, trim, simplify, intersect, dsb, yang terletak di bagian atas bar, tool ini akan muncul ketika kita melakukan selection pada 2 objek curve, apa saja perintah dan kegunaan semua bagian tersebut.? simak postingan di bawah ini

WELD


Weld adalah perintah untuk menyatukan 2 Objek Curve terpisah menjadi satu, dengan cara melakukan selectioan atau Klik Objek A dan Klik Objek B, Maka Objek A akan ikut menyatu ke Objek B, dan sebaliknya

TRIM

Perintah Trim berfungsi untuk memotong objek dengan objek lainnya, Contoh Kita akan memotong objek A Dipotong oleh Objek B, dengan melakukan selection / Klik secara berurutan Mulai dari A ke B atau B ke A lalu klik Trim, maka si objek B akan memotong bagian objek A sesuai letak Objek B pada Objek A.


INTERSECT



Intersect, perintah ini adalah bertujuan menciptakan objek baru dari objek lainnya, tanpa menghilangkan objek original, contoh kita gabungkan Objek A di bagian Bawah, Objek B di bagian Atas, setelah kita selection dan klik intersect secara otomatis akan tercipta Objek C hasil dari Objek A & B.


SIMPLIFY


Simplify, perintah ini hampir sama denagn Trim Hanya saja perbedaan nya Simpflipy akan memotong objek berdasarkan Urutan depan dan belakang, Contoh Saat kita melakuka selection Dari A ke B atau B ke A dan kita tekan Simplify secara otomatis Objek yang berada di belakang ( B ) akan terpotong oleh Objek yang berada di depan yaitu objek A.


FRONT MINUS BACK



Front minus back Perintah ini berfungsi untuk melakukan pemotongan objek yang berada di depan, contoh Kita lakukan selectioan A Di belakang dan B Di depan, saat kita tekan perintah Front Minus Back secara otomatis Objek B akan Terpotong oleh Objek A, dan hasilnya adalah Objek B Terpotong dan Objek A akan hilang.


BACK MINUS FRONT



Perintah ini adalah kebalikan dari Front Minus Back Jadi cara dan hasilnya sama aja, hanya saja perbedaannya dari Objek Belakang memotong Objek Depan.

CREATE BOUNDARY


create boundary perintah ini hampir sama seperti perintah Weld, yaitu menyatukan 2 Objek terpisah, tetapi bedanya objek original tidak akan hilang, jadi ibaratkan melakukan selection Objek A dan B lalu klik Create Boundary, maka akan tercipta  Objek C yang sudah menyatu, dan tanpa menhilangkan objek A & B.


Fungsi di atas memang terlihat hampir sama saja, tapi fungsi tersebut tetap mempunyai perannya masing - masing, pada saat - saat tertentu.
Sekian tutorial singkat ini, sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya, jangan lupa aktipkan notifikasi web ini untuk mendapatkan pemberitahuan artikel, desain, mockup dll terbaru.^_^

Post a Comment