Apa Itu Gimp



GIMP, atau lebih jelasnya adalah GNU Image Manipulation Program adalah sebuah software Open Source / Sumber terbuka pengolah grafis berbasis raster, software ini diciptakan oleh 2 orang mahasiswa yaitu Peter Mattis dan Spencer Kimball, dan dirilis pada 22 November 1995 . Aplikasi ini tersedia secara gratis di bawah lisensi General Public License.

GIMP Memang tidak sebaik Photoshop, tetapi software ini bisa dijadikan alternatif photoshop karena tool yang lumayan lengkap dan bermanfaat, apalagi jika ditambah berbagai plugin.

Tools

GIMP Dilengkapi beberapa komponen tool menarik yang tidak kalah jauh dari Tool photoshop diantaranya brush, pencil, airbrush, clone. Moreover, Selain itu, software ini menawarkan pengambilan sampel Sub-pixel untuk semua Brush untuk menggunakan premium anti-aliasing.



Memory

Tile based memory management, memungkinkan para pengguna menggunakan dan mengolah gambar yang banyak tanpa memperlanbat pc, dan tentunya mendukung alpha channel, GIMP juga mencakup beberapa komponen seperti channels, layers, dan editable text layers.

Tool Transformation

Anda akan menemukan beberapa alat transformasi seperti scale, rotate, flip, Move, dan berbagai alat seleksi seperti rounded rectangle, free, fuzzy, ellipse, dan rectangle dan seleksi path seperti bezier dan polygonal, dan tidak ketinggalan Quickmask Untuk Mewarnai gambar secara terpilih.

GIMP dapat dengan mudah diperkuat dengan memanfaatkan kemampuan skrip canggih seperti Python, Perl, dan Skema. Anda dapat menggunakan plugin dengan mudah dan menambahkan format file baru dan filter efek.Sampai sekarang, ada lebih dari 100+ plugin yang tersedia.

Dengan GIMP, Anda dapat memuat dan menyimpan animasi dalam format frame-as-layer dengan dukungan untuk MNG, frame navigator, onion skin dan Bluebox. GIMP menyediakan dukungan untuk berbagai format file seperti BMP, GIF, PSD, PNG, PDF, dan banyak lagi.

System Requirements

Operating System: Windows
Program Category: Graphic Apps
Program Subcategory: Editors
Program Install Support: Install and Uninstall System Requirements No special requirements. OS Support: Win7 x64, WinXP, WinVista, Win7 x32, Win8 x32, Win8 x64, Windows 8, Windows 10,
Size: 73.5Mb 
File name: gimp-setup.exe

Post a Comment