Cara Melakukan Optimasi Gambar untuk Web SEO Yang Lebih Baik


Gambar adalah salah satu komponen penting dalam sebuah situs / blog terutama pada konten itu sendiri, selain untuk mempercantik tampilan, gambar bisa digunakan sebagi arahan atau petunjuk untuk sebuah artikel.

Apakah penting melakukan optimasi pada gambar di setiap postingan artikel?

Data statistik sejauh ini menunjukkan bahwa pencarian di Google, selain dari pencarian judul, lebih dari 27,3% berasal dari pencarian gambar (Google Image Search). Bayangkan teman - teman mencari sebuah desain " Spanduk Rumah Makan " yang pertama teman - teman buka pasti Tab Image, setelah melihat dan menemukan desain yang cocok, apa yang akan teman - teman lakukan? sudah jelas teman - teman akan mengunjungi situs tersebut dan melakukan unduhan pada desain tersebut.

Tapi apa jadinya jika gambar pada di situs teman - teman tidak muncul di Google Image Search, ya jawabannya sudah pasti pada tau, karena yang namanya Optimasi tidak bisa hanya mengandalkan Optimasi pada artikel / tulisan, dengan melakukan optimasi pada gambar, secara tidak langsung kita telah membuat link cabang ( Ibarat Jalan Pintas ) untuk menarik para visitor.

Pada artikel ini, IDN Grafis akan memberikan Tips Trick melakukan optimasi pada gambar, sehingga mempermudah orang - orang untuk menemukan  blog teman -teman.

1. Perhatikan Size dan Resolusi

Awas gagal paham, Size dan Resolusi itu berbeda, Resolusi adalah ukuran Piksel Tinggi x Lebar pada gambar, sedangkan Size adalah ukuran Kilobytes pada gambar tersebut, nah biasanya semakin Tinggi resolusi gambar, akan semakin besar pula size gambar terssebut.

Dan untuk optimasi disini kita harus memperhatikan ukuran size pada gambar tersebut, karena jika semakin besar size gambar yang terdapat pada postingan, akan semakin memakan waktu yang cukup lama bagi perangkat dan google images search untuk melakukan load gambar tersebut, hal ini bisa diatasi dengan melakukan kompresi pada size gambar tanpa mengurangi resolusi gambar, dengan melakukan Images Enhancher.

Alat yang Direkomendasikan untuk Pengoptimalan Gambar



  • PNG adalah gambar berkualitas tinggi. Tapi ukuran filenya cukup besar. Cocok untuk teman - teman yang ingin fokus pada detail dalam sebuah gambar khususnya.
  • JPEG (JPG) cocok untuk penggunaan umum. Format ini akan memberikan kualitas gambar yang baik. Namun ukuran gambar tidak boleh terlalu besar. saat diperbesar Dapat merusak beberapa detail gambar. Karena lebih dari 72,3% situs web umum, termasuk banyak E-Commerce dan Media Sosial, semuanya menggunakan file JPG untuk memposting gambar.
  • GIF bagus untuk animasi, tetapi hanya boleh digunakan jika diperlukan. Hanya sekitar 26,6% situs web yang menggunakan format GIF karena tidak perlu dan memakan lebih banyak ruang daripada JPG.
Oleh karena itu, untuk situs web biasa Format gambar yang disarankan adalah JPEG karena ukuran filenya yang kecil. Namun kualitas gambarnya tidak terlalu buruk, PNG sering digunakan untuk gambar yang tidak memiliki latar belakang (Transparant), sedangkan GIF sering digunakan untuk gambar bergerak. tetapi hanya digunakan bila diperlukan.


3. Gambar Yang Unik

Gambar Unik atau penggunaan gambar unik. Menggunakan gambar dari sumber gambar seperti Stock Photos tidak ada salahnya. Tetapi jika teman - teman ingin membuat gambar pada postingan blog teman -teman selalu berada di Page One, maka penggunaan gambar yang diambil dari Web Photostock bukanlah pilihan yang bagus, karena tidak bisa menglahakan gambar originalnya yang berada di Situs Photostock tersebut.


Oleh karena itu, Foto Asli cenderung memberikan dampak yang sangat positif terhadap SEO karena Google menyukai gambar yang unik, unik dan tidak dapat ditemukan di situs lain.

Teman - teman bisa memberikan sedikit efek / editan pada gambar yang akan teman - teman gunakan, yaa sebenarnya semakin berbeda, akan semakin gampang untuk menuju Page One.
 
4. Memberikan Judul Pada Setiap Gambar



Memberikan judul yang tepat pada setiap gambar akan sangat berpengaruh bagi robot google untuk melakukan sortirisasi setiap gambar yang muncul di Google Images Search, untuk itu teman - teman usahakan memberikan judul pada setiap gambar, dimana kata tersebut akan sangat banyak di cari di google.

Penutup.

Tentu saja, ada banyak cara untuk mengoptimalkan situs web teman - teman (Optimasi Gambar) untuk meningkatkan peringkat SEO, tetapi berikut adalah 4 metode yang telah kami bagikan pada teman - teman. Ini adalah trik yang sangat mendasar yang harus teman - teman terapkan. Ini termasuk mengurangi ukuran gambar.

Saya berharap teman - teman dapat menerapkan pengetahuan dan teknik yang baik ini untuk diterapkan pada optimasi SEO tahun 2021, kurang lebih. Jika ada yang punya pertanyaan atau rekomendasi tools menarik lainnya, jangan ragu untuk membagikannya dikomentar :-)

Artikel Terkait :

Cara Melakukan Optimasi Gambar untuk Web SEO Yang Lebih Baik Cara Melakukan Optimasi Gambar untuk Web SEO Yang Lebih Baik Reviewed by IDNGRAFIS on 04 September Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.