Mengenal lebih dekat, Apa Itu FIGMA


Apa kabar teman - teman idngrafis.? semoga sehat selalu ya, dan semoga pandemi ini cepat hilang agar kita bisa bermobilitas dengan normal dan aman.


Well, hari ini aku mau share tentang alat desain UX/UI yang berbasis web, Dia adalah FIGMA, editor grafik vektor dan alat prototyping yang berbasis web, teman - teman tidak perlu memikirkan spek komputer yang wow untuk menjalankan alat ini, teman - teman hanya butuh peramban atau browser seperti (Google Chrome, Safari).

Memang apa bagusnya sih figma ini dibandingkan alat desain UX/UI lainnya seperti Sketch dan Adobe XD.?

Bayangkan kamu dan 2 teman mu sedang membuat kue ulang tahun, kamu mendesain kue bagian atas dan 2 teman mu mendesain kue bagian kanan dan kiri, terbayangkan!, nah itulah yang bisa dilakukan oleh si FIGMA ini, kita bisa melakukan pekerjaan desain secara bersamaan dan secara real time.

Lihat illustrasi di bawah ini, mereka adalah Sean dan Hana yang melakukan desain secara realtime dan bersamaan.



Ide berbasis web ini dicetuskan pada tahun 2011, sebelum perusahaan ini didirikan pada tahun 2012 dan Figma dirilis, tetapi orang - orang mulai sangat mengenal Figma ini pada  tahun 2016.

Contoh perusahaan yang menggunakan Figma adalah Airbnb, Condé Nast, Github, Uber, ZOOM, Square.

Jika melihat dari segi kasta.. Jiahhh >_<, FIGMA ini memang masih terlihat rendah dan di pandang sebelah mata, dibandingkan Adobe dengan jaringan desain yang sangat besar, dan Sketch yang sudah terkenal di tahun 2010, tetapi pada tahun 2019 Figma benar - benar memperlihatkan taringnya, menciptakan komunitas yang memungkinkan orang - orang untuk berbagi file, berbagi plug- in, berbagi prototype, dan dapat diterapkan pada projek mereka sendiri.

Keunggulan
  • Dapat dilakukan secara online, tidak memerlukan lisensi apaun
  • Memiliki fitur untuk memantau desainer di beberapa titik.
  • Sangat User Friendly, Dan banyak Tool bantuan.
  • Sedikit lebih banyak tool editing dan efek daripada Adobe XD .
  • Jaringan vektor untuk garis ilustrasi.
  • Penyimpanan otomatis
  • Tidak perlu mengirim font atau file bolak-balik. Karena semuanya ada di sistem Browser Cloud online.
  • Fitur handoff mengirim creator untuk menyelesaikan di satu tempat dan memiliki sistem kontrol.

Kekurangan
  • Sejauh ini yang saya alami hanya, saat situs ini maintenance saya tidak bisa membuat pekerjaan karena figma ini tidak mendukung alat offline.

Tapi secara keseluruhan, saya sangat terkesan dengan Figma ini. Tampaknya perusahaan ini tidak main - main dalam memberikan produknya untuk para creator. Namun jika dikerjakan sendiri, dan menggunakan Akun pro pada Figma ini sepertinya terlalu mahal.


Artikel Terkait :

Mengenal lebih dekat, Apa Itu FIGMA Mengenal lebih dekat, Apa Itu FIGMA Reviewed by IDNGRAFIS on 01 September Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.