Cara Menghasilkan Uang Dari Skill Desain Grafis



Cara menghasilkan uang dari jasa desain grafis adalah hal yang tidak gampang, pasalnya di Negara kita ini Indonesia sangat banyak saingan yang sudah professional, tapi bukan berarti pemula tidak bisa menghasilkan, ada banyak kategori desain yang bisa kita kerjakan untuk menghasilkan uang. 


Menjual Desain Melalui Social Media

Apakah anda mempunyai social media? Pasti nya punya, tapi jika menggunakan social media hanya untuk main – main dan tidak berguna buat apa juga ya, anda bisa memanfaatkan social media sebagai toko online kita untuk menjual berbagai macam desain sesuai kemampuan kita.

Dalam menjual desain memang tidak ada batasnya, selama tidak mencaplok hak cipta orang lain, kita bisa menjual desain dengan menyertakan sedikit contoh / portfolio desain yang akan kita jual.


Rekomendasi desain bagi pemula yang bisa anda jual :
Kartu Nama, Desain Aqiqah Bayi, Undangan Ulang Tahun, Undangan Pernikahan, Sticker Makanan.
Tapi jika anda mempunyai skill yang udah di atas rata – rata bisa menjual desain :
Company Profile Perusahaan, Vector Wajah, Karikatur, Layout Bangunan, Logo Untuk Perusahaan.


Dan ingat setiap desain yang kita jual, kita harus berani memberikan tanggung jawab pada tiap desainnya, contoh anda membuat sebuah logo perusahaan, jikalau nanti perusahaan tersebut complain karena mengetahui logo yang di pesannya hasil dari plagiat, tentu kita harus memberikan sebuah klarifikasi dan tanggung jawab demi kenyamanan bersama.


Menjual Desain Melalui Microstock.

Apa itu Microsotcok anda bisa membaca nya disini Microstock Penghasil Uang

Sangat banyak Microstock yang menyediakan lahan untuk menjual karya desain kita, yang tentunya gratis seperti : Shutterstock, Fotolia (sekarang Adobe Stock), iStock, Pond5, Alamy, 123RF, Depositphotos, Dreamstime, Bigstock Photos, Canstock Photo.
Microstock di atas tentunya menpunyai Syarat yang berbeda beda ya sob, tapi tidak akan terlalu jauh beda, untuk itu sebelum menggunakan beberapa microstock di atas, kita harus tau betul tentang perusahaan tersebut. 


Mengikuti Turnamen Desain dan Logo

Situs Penyedia Turnamen desain atau logo sangat banyak bertebaran di internet, turnamen nya pun memang berbeda beda pada tiap situsnya, berikut adalah beberapa situs penyedia turnamen desain : 99design, Design Contest, Freelancer, Logo Tournament, Hatchwise, 48 Hours Logo, DesignCrowd, LogoMyWay, Sribu

Menjual Karya Dalam Bentuk Fisik

Menjual karya desain tidak harus selalu dalam format file, vector, atau cdr.

Kita bisa menjual karya desain kita dalam bentuk fisik, entah itu Kalender, Sticker Do’a, Sticker Logo Tim Bola, Undangan Ultah Siap Pakai, Poster, dll
Sedikit Curhat dari admin, Kemarin Admin Menjual Photo Presiden dan Wakil Presiden Terbaru, admin menjual foto nya saja dengan harga Rp. 5000 dan biaya cetak nya hanya Rp.2500 Ukuran Kertas A3+, dengan pesanan yang admin terima rata – rata untuk satu sekolah 100 Lembar, bahkan ada sekolah yang memesan sampai 1000, bisa sobat bayangkan Rp.2500 x 1000 = Rp. 2.500.000, pendapatan tersebut admin dapatkan hanya dalam 1 Kali pesanan, menggiurkan bukan. ^_^


Berani berkomunikasi dan konsultasi terhadap klien

Komunikasi dan konsultasi harus bida kita hadapi, setiap klien yang akan membuat desain harus bisa kita yakinkan bahwa mereka memilih anda adalah hal yang tepat, jangan sampai klien kecewa hanya karena anda tidak meyakinkan, biasanya para klien akan bertanya “ Desain yang cocok untuk perusahaan saya apa ya? Perusahaan saya berjalan di bidang bahan bangunan” Nah disitulah skill komunikasi anda di uji, anda harus bisa memberikan sedikit pencerahan pada klien bahwa desain yang cocok untuk perusahaan tersebut seperti ini atau itu, Karena sangat tidak masuk akal jika Klien bertanya desain seputar bangunan tapi anda malah memberikan desain tema tanaman.


Hal tersebut tentu akan membuat klien semakin tertarik dengan anda, dan mungkin akan terus balik lagi kepada anda untuk membuat desain selanjutnya.


Harga Desain

Berikan harga yang sesuai dengan jenis desain yang anda kerjakan, jangan mematok harga terlalu tinggi, sesuaikan harga dan desain, jangan sampai desain standar harga selangit.

Berikan jangka watu revisi untuk mengatur waktu, setidaknya berikan 3 Kesempatan untuk revisi, jika pun Klien meminta revisi lebih dari 3 Kita bisa menambahkan cost pada tiap revisi nya.

Berikan review dan penjelasan sejelas - jelas nya untuk menghindari miss komunikasi.

Berikan garansi atau keamanan untuk pelayanan yang lebih baik, kemanan seperti apa? Memberikan keamanan pada klien bahwa desain yang anda berikan tidak akan disebarluaskan atau diperjual belikan kembali kepada orang lain.

Berikan Beberapa format Multifungsi seperti Format CDR, AI, PDF, JPG / PNG Untuk Logo, Lebih baik lagi jika anda bisa membuat Lisensi untuk desain tersebut sebagai bukti pemilik sah, bila mana ada orang yang melakukan plagiat pada logo yang sudah anda berikan kepada klien.

Atur Jam Kerja dengan sebaik - baiknya.

Buat situs atau portfolio untuk memperlihatkan hasil - hasil desain yang telah anda buat, tentunya dengan memberikan watermark pada tiap gambarnya untuk menghindari plagiat.


Hanya itu saja tips yang bisa admin berikan, semoga menjadi motivasi dan manfaat bagi sobat sekalian.^_^

Artikel Terkait :

Cara Menghasilkan Uang Dari Skill Desain Grafis Cara Menghasilkan Uang Dari Skill Desain Grafis Reviewed by IDNGRAFIS on 30 November Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.